Kamis, 02 September 2010

Jamilah Pemain Bola



Namaku Jamilah tapi aku lebih senang dipanggil Jemi, hahaha… bangganya aku kalau ada yang memanggilku Jemi aku merasa seperti jagoan, hmm… tapi sebenarnya aku memang jagoan dilapangan kalau sedang bermain bola, coba saja tanya anak-anak di kampung Mede siapa yang tidak mengenal Jemi si jago bola. Aku si tomboy berambut pendek, berbadan mungil, gaya berjalanku gagah seperti lelaki, walaupun begitu aku masih terlihat seperti wanita kalau sedang diam karena aku memiliki wajah yang manis.

“Gooooollllllllllllll” sambil berlari, berteriak, dan mengepalkan tangan adalah reaksiku ketika mencetak gol ke gawang lawan. “Ole..Ole…Ole… Jemi..Jemi.. Ole..Ole..Ole.. Jemi.. Jemi..” Yel-yel yang diteriakan teman-temanku ketika aku mencetak gol ke gawang lawan. Aku hanya bisa bergumam bangga dalam hati “cemen cuma nge-golin segitu mah gue kan cewe jagoan”.

“Jamilaaaaaaaah..... pulang lu udah sore bukannya beberes rumah malah maen bola” enyak datang sambil menjewer kuping menyuruh ku pulang. “jiaaaaahhhh sakit tau nyak maen jewer aje belum juga aye kelarin nih maen bolanya” sambil mencoba melepaskan diri dari jeweran enyak. Hufft.. bakalan dimarahin babeh ni kalo sampe rumah, batinku. Dengan tampang yang galak dan kumis tebalnya, babeh sudah menunggu di ruang tamu.

“ Eh Jamilah!” bentak babeh
“ Jemi beh” sela ku
“ Diem lu! bantah aja apa kata gue”
“ Lu tuh kan cewe, udah perawan pula, udah mau lulus smp masa maen bola terus apa kata tetangga kite coba, harusnya lu tuh udah dijodohin tau!”
“ Yaelah babeh.. babeh.. aye kan memang pengen jadi pemaen bola biar kaya Mia Hamm…”
“ Bodo amat! gue gak peduli mau Mia Ham kek, Mia Him kek, Mia Hom kek… kagak penting buat gue yang gue mau lu jangan men bola lagi, titik! masuk kamar sana trus copotin tuh semua poster-poster di kamar Lu, gak betah gue liatnya kaya bukan kamar perawan.”


Babeh memang orang yang berpikiran kolot bahwa seorang wanita itu tidak boleh memainkan permainan laki-laki padahal aku memang bermimpi menjadi pemain bola wanita. Itulah hari dimana aku harus bermain bola secara diam-diam diluar kampung supaya tidak ketahuan babeh Setelah SMA aku mengikuti klub & sekolah sepak bola di kota itu semua aku lakukan secara sembunyi-sembunyi, aku tidak mau ada masalah lagi dengan babeh.
Selama tiga tahun aku mengikuti klub bola rasa senang luar biasa yang aku dapatkan ketika bermain bola. Dengan ketekunan aku berlatih, aku selalu ingin menjadi nomor satu kalau bermain bola ingin mewujudkan mimpiku menjadi pemain timnas Indonesia. Aku sering mengikuti pertandingan persahabatan atau turnamen sepakbola antar propinsi bahkan 3 bulan lagi akan ada seleksi untuk tim nasional pada turnamen sepakbola wanita antar propinsi. Sampai akhirnya babeh memergokiku sedang berlatih sepakola, beliau marah besar.

“Jamilaaaaaaah duduk sini!,lu bilang gak akan maen bola lagi, mana buktinya?”
“ Apa sih yang lu arepin dari maen bola… hah? “
“ Beh, pan dulu udah aye bilang aye mau jadi pemaen bola nasional pengen terkenal kaya Mia Hamm… udeh itu aja.”
“ Milaaaahhh… lo liat dong si Siti mpok lu itu, waktu seumuran lu dulu dia udah kawin tuh dia udah ngasih gue dua cucu, pan gue juga pengen cucu dari lu, harusnya lu tuh udah kawin tau bukannya malah maen bola terus."
Aku hanya bisa mendengarkan omelan babeh sambil melamun membayangkan diriku kalau menjadi pemain tim nasional, tidak sengaja aku senyum-senyum sendiri.
"Jamilaaahhhh....! lo denger gue gak sih??"
"Eh...iya...iya.. denger atuh beh, masa iya babeh udah teriak kaya pake toa aye gak denger, hehehehe."
"Trus ngapain tuh lo malah cengengesan gak jelas gitu?"
"Emmm.... gak papa beh cuma iseng aja, udah terusin lagi ceramahnya."
"Dasar anak jaman sekarang dinasehatin malah cengengesan."
"Udah dari taun-taun kemarenkan lu tuh lulus sekolah paling gak lu harusnya udah kerja trus kawin, Noh si Kosim anak haji Jaja udah mau sama lu, tinggal lu nya gimana mau gak sama dia?” sambung babeh
“ Yelah babeh, aye kan masih muda baru 20 taon masa mau dikawinin mana sama si Kosim nyang udah tua lagi beda 10 taon, ogah banget. Aye mau kuliah aja abis turnamen antar propnsi ntar, sapa tau aja aye dipilih jadi pemaen timnas, pan babeh juga nyang bangga.”
“ Lu tuh emang bebel ya susah dibilangin, ngapain juga lu kuliah trus pengen jadi pemaen timnas segala, eh.. Jamilah… nyang namanya perempuan tuh kalo udah 20 taon lebih harusnya udah kawin tau, lagian si Kosim kan baek banget orangnya, alim, anaknya haji Jaja nyang kaya ntu punya pesantren, lu gak usah cape-cape kerja lagi apalgi pake maen bola gitu kaya laki-laki aja lu, mana rambut lu bondol banget pake diwarnain segala kaya orang kepanasan aja.”
“ Yaudahlah beh gini aja, kita tarohan ya, kalo aye gagal dipilih jadi pemaen tim nasional, aye mau dikawinin ama tuh si Kosim, tapi kalo aye bisa kepilih babe Ijinin aye terus maen bola sampe aye pensiun, gimana setuju?”
“ Seterah lu dah, emang lu paling susah dibilangin! tapi lu mesti inget ya kalo gagal lu mesti kawin ama si Kosim.”
“ Okelah kalo begitu beh… Babeh emang paling baek seduniaaaa… eh se kampung Mede ding, oia seleksi timnya minggu depan trus pengumumannya bulan depan, jangan lupa” Sambil Kucium tangan babeh aku keluar mau meneruskani latihan.

Demi mewujudkan mimpi, aku berlatih keras melatih teknik bermain bola khususnya dalam dribbling berlatih gerakan dan gocekan tipu ala ronaldo, dribbling putaran zidane, dan free kick, berlatih supaya tendangan yang aku lakukan terarah. Setiap hari kemampuan teknik aku semakin baik, hal itupun disadari oleh pelatih kepala di tim propinsi ku.
Seminggu lagi turnamen antar propinsi berlansung, ini kesempatan terbesar aku untuk membuktikan diri dan dipilih menjadi pemain timnas. Turnamen diadakan selama satu bulan. Pada putaran pertama tim kami berhasil lolos ke babak penyisihan grup dengan poin tertinggi dan untuk sementara aku menjadi pencetak gol terbanyak. Tim kami terus bermain baik dari pertandingan satu ke pertandingan yang lainnya, sampai akhirnya timku masuk ke babak final. Dibabak final timku melawan tim dari Jawa Barat.

Pertandingan berjalan keras bahkan wasit beberapa kali memberikan kartu kuning untuk kedua tim. Kedudukan masih 0-0 dibabak pertama, tapi tidak menjadikan mental aku jatuh, malah dibabak kedua aku semakin bersemangat dan ngotot dalam merebut bola. Kesempatan datang di menit ke-70 aku mendapat assist dari Reni teman satu timku, tidak aku sia-siakan kesempatan aku mendribble bola, menggocek 2 bek dari tim lawan setelah bek tertinggal aku melakukan gerakkan tipu untuk mengecoh kiper lalu dengan sedikit sontekkan aku menceploskan bola ke gawang lawan dan Goooollll. Kedudukan 1-0 untuk tim kami. Rasa haru menyelimutiku, sujud syukurpun kulakukan. 20 menit kemudian wasit meniup peluit tanda pertandingan usai, timku akhirnya menjadi juara di tingkat propinsi. Selama turnamen berlangsung aku mencetak 10 gol dan itu menjadikan aku pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak.
Sebulan kemudian

Tin..Tin.. suara klakson motor
“ Jamilaaaaaahhhhhhh” teriak babeh
“ Apaan sih berisik aje tereak-tereak gitu?” Sambil melangkah menghampiri babeh.
“ Noh ada tukang pos “ jawab babeh
Bergegas aku keluar mengambil surat dari tukang pos.
“Beh… Beh.. Beh…” sambil melompat kegirangan dan menitikan air mata aku menghampiri dan memeluk babeh. Ni beh aye kepilih jadi pemaen timnas! ni surat keputusannya. Sambil menunjukan surat itu.
Setelah membaca surat itu dengan mata bekaca-kaca babeh memelukku.
“ Lu emang berbakat milah, gue bangga punya anak kaya lu, gue rela iklas lu jadi pemaen bola asal bener-bener trus banyak latihan.”
Aku berlari ke dapur sambil memeluk enyak “ nyak mimpi aye terkabul do’ain aye ya bisa bawa harum Negara ini kalo aye jadi tim inti..” Bisikku, “ iye… enyak doain biar lo bisa kasih nama baik buat orang tua.”

Sekarang aku adalah pemain timnas Indonesia, semua berawal dari mimpi yang berhasil aku wujudkan dengan berlatih tanpa mengenal lelah.



Pic by http://www.infokepanjen.com/2010/07/mengejar-impian-menjadi-pemain-bola.html

0 komentar:

Posting Komentar

È